Home Artikel Event Muspen

Tue,26Sep2017

Temu Kangen AKPEN sambil nonton Epen

Selasa, 9/9/2014 16:02 WIB

Lulusan Akademi Penerangan dan juga pensiunan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi, Lembaga Informasi Nasional  sejumlah 100 orang mengadakan  Temu Kangen sekalian Halal Bihalal di Ruang Serba Guna Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah, sambil nonton Film Animasi “Epen” produk Muspen, Minggu siang, 7/9.

Disela-sela kegiatan tersebut, mantan Plt. Direktur Jenderal Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Kementerian Komunikasi Informatika, Bambang Subijantoro menyarankan kepada Kepala Museum Penerangan TMII, sebaiknya gambar-gambar Presiden RI dan kegiatannya ang dipamerkan di lantai II  diperbesar dengan menggunakan akrilik, agar lebih jelas apabila dilihat pengunjung.

 

“Untuk  meningkatkan eksistensi Muspen di dunia permuseuman, sebaiknya  diadakan forum ilmiah dengan perguruan tinggi, sehingga secara substansial dapat masukan yang berharga demi kesempurnaan Muspen di era globalisasi, yang saat ini sedang merevitalisasi secara komprehensif”, ujar salah satu mantan Deputi Lembaga Informasi Nasional, Tatang Isya Iskandar.

Acara tersebut dimulai siang sampai dengan sore, ditutup dengan dengan foto dan nyanyi bersama. (A.Dzakky)

Gelar Seni Budaya Dalam HUT RI ke-69 Di Muspen

Senin, 18/8/2014 - 15:45 WIB

Penghormatan pada tamu oleh Pemain operet BKM 2014

Museum Penerangan menggelar seni budaya bangsa dan lomba dalam rangka HUT RI ke-69 tanggal 17 Austus 2014 di Museum Penerangan TMII, yang melibatkan masyarakat di lingkungannya dan pelajar SMK Bina Karya Mandiri Bekasi serta Duta Muspen.

 

Operet SMK BKM 2014

Gelar seni budaya bangsa bertemakan “Dengan Gelar Seni Budaya Bangsa Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI” dimeriahkan oleh 70 pelajar SMK Bina Karya Mandiri Bekasi yang mementaskan operet BKM 2014.

  

Disamping itu juga, dimeriahkan dengan kegiatan seperti lomba balap karung, lomba tarik tambang, dan lomba makan kerupuk untuk anak-anak. Untuk olahraga yang dipertandingkan antara lain bulu tangkis, tenis meja, dan catur.

Acara dibuka oleh Kepala Museum Penerangan dan ditutup dengan pemberian hadiah bagi pemenang lomba dan pertandingan. (A.Dzakky)

Dirjen IKP Kemkominfo Mengukuhkan Duta Muspen

Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan ke Museum Penerangan, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika mengukuhkan 10 Duta Muspen, Minggu 4 Mei 2014 di Musem Penerangan Taman Mini Indonesia Indah.

Museum tanpa pengunjung,tak akan berarti apa-apa meskipun jumlah koleksinya ribuan. Museum pun tanpa koleksi, tidaklah dapat disebut Museum. Museum Penerangan yang berlokasi di TMII jumlah koleksinya 452 yang dipamerkan dan berdasarkan data pengunjung Muspen tahun 2013, sejumlah 60.426 orang yang datang berkunjung. Sehingga rata-rata pengunjung Muspen pe rbulannya 5.000 lebih. Jumlah ini bagi dunia permuseum sangatlah signifikan. Oleh sebab itu bagi Muspen pengunjung harus dipertahankan dan alangkah lebih baiknya lagi ditingkatkan.

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung Muspen, selaras dengan Revitalisasi yang merupakan program prioritas Muspen 2014 - 2015 yang dilaunching oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, antara lain melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pameran ke sekolah-sekolah dengan mengusung tema ”Muspen Masuk Sekolah“ (Muspen Goes To School).

Di samping itu, Muspen sebagai salah satu unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik berusaha menyesuaikan dengan perubahan paradigma dan mengacu pada kosep new museum, yang menekankan pada tujuan dan prinsip dasar museum harus relevan dan berorientasi pada masyarakat untuk menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan  dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat informasi tahun 2015.

Pengukuhan Duta Muspen oleh Dirjen IKP

Melalui Forum Sosialisasi dan Pameran, Muspen membentuk Duta Muspen yang berkemauan menyebarluaskan informasi tentang Museum Penerangan. Ini dalam rangka  menerapkan Model Komunikasi “Two Step Flow Cummunication”, atau komunikasi dua langkah.

Duta Muspen dibentuk dari kalangan pelajar sekolah tingkat lanjutan atas, dari Kabupaten Sumedang 7 (tujuh) orang dan Kota Bekasi 3 (tiga) orang, yang tugasnya menyebarluaskan informasi tentang Museum Penerangan, agar lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat. (A.Dzakky)