Home Berita MUSPEN MASUK KAMPUS

Tue,26Sep2017

MUSPEN MASUK KAMPUS

Jakarta, 14/06/2017, 13:19 WIB

Tak hanya anak SMA saja yang disasar oleh Museum Penerangan sebagai target sosialisasinya. Perguruan tinggi pun ikut menjadi sasaran kegiatan Museum Penerangan untuk penyebaran informasi tentang museum, bahkan juga menjadi tempat dipilihnya mahasiswa menjadi duta Museum Penerangan.

Tanggal 2 mei 2017 yang lalu Museum Penerangan (Muspen) pertama kalinya menginjakan kaki di Kampus STKIP Surya Karawaci untuk melakukan kegiatan MGTC (Museum Goes to Campus) dan juga tentunya melakukan pemilihan duta Museum Penerangan di Kampus STKIP Surya. Kegiatan diadakan di ruangan kelas yang di jadikan satu untuk menampung mahasiswa yang akan mengikuti acara MGTC. Mahasiswa yang mengikuti acara MGTC berjumlah 50 orang. Dan acara di mulai pukul 10.30 Wib. 

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta pemberian kata sambutan dari Ketua STKIP Surya. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan plakat yang di lakukan oleh Kepala Museum Penerangan kepada STKIP Surya dan penyerahan cindramata dari STKIP surya ke Museum Penerangan. Kemudian Kepala Museum Penerangan melakukan pemaparan tentang sejarah museum secara global, sejarah kelembagaan Departemen Penerangan sebelum dinon-aktifkan dan tentunya sejarah Museum Penerangan yang berada di Taman Mini Indonesia Indah.

Setelah melakukan serangkaian acara MGTC (Museum Goes to Campus) maka akan dilaksanakan penyeleksian duta Museum Penerangan di kampus STKIP Surya. Ini adalah pertama kalinya Museum Penerangan mengangkat duta Museum Penerangan di tingkat Universitas. Penyeleksian diikuti lima peserta. Dua peserta dari kalimantan dan tiga peserta dari papua. Masing-masing peserta harus bisa mempresentasikan tentang apa itu Museum penerangan.

Kelima peserta diberi waktu maksimal lima menit untuk mempresentasikan tentang sejarah Museum Penerangan di depan mahasiswa yang lain dan juga di depan dewan juri, yang terdiri dari dosen STKIP Surya serta tim MGTC Museum Penerangan. Setelah kelima peserta sudah melakukan tugasnya maka dewan juri berembuk siapa yang akan diangkat menjadi duta Museum Penerangan dan mewakili kampus STKIP Surya untuk menjadi duta Museum Penerangan. 

Setelah dewan juri selesai berkompromi untuk menentukan siapa yang  akan menjadi Duta Museum Penerangan, maka dewan juri memilih mahasiswa yang bernama  Valentino Sampo dan Beyana untuk menjadi Duta Museum Penerangan wilayah papua, dan Vertika Sari dan yoga untuk menjadi duta Museum Penerangan wilayah Kalimantan. Selamat kepada yang terpilih menjadi duta Museum Penerangan yang kemudian akan diundang ke Museum Penerangan pada tanggal 3 s/d 6 Mei 2017 untuk melakukan kegiatan duta Museum Penerangan dan pengukuhan duta Museum Penerangan.(NIK)