Home Berita Seleksi Duta Museum Penerangan di SMAN 39 Jakarta Timur

Tue,26Sep2017

Seleksi Duta Museum Penerangan di SMAN 39 Jakarta Timur

Jakarta, 29/08/17, 09:35 WIB

Gedung SMAN 39 Jakarta Timur

Museum Penerangan terus melakukan “blusukan” ke sekolah-sekolah untuk mendapatkan kandidat duta terbaik untuk diangkat menjadi Duta Museum Penerangan. Tanggal 25 april 2017 lalu, Museum Penerangan melakukan seleksi ke SMAN 39 Jakarta Timur, dalam rangkaian acaraMGTS (Museum Goes to School) . Dalam acara ini, Museum Penerangan mencari siswa terbaik untuk kemudian diangkat menjadi Duta Museum Penerangan. Acara tersebut dilakukan di ruangan aula SMAN 39 Jakarta Timur

Acara Sosialisai MGTS (Museum Goes to School)

Sebelum acara seleksiDuta Museum Penerangan, terlebih dahulu diadakan sosialisasi tentang Museum Penerangan. Disini siswa SMAN 39 Jakarta Timur diperkenalkan lebih jauh tentang fungsi Museum, mengenal museum tertua di dunia serta museum tertua di Indonesia, dijelaskan pula tentang sejarah Museum Penerangan, dari awal terbentuknya Departemen Penerangan dan kemudian menjelaskan tentang sejarah berdirinya Museum Penerangan yang berada di TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Setelah mengikuti serangkaian acara MGTS, akhirnya tibalah acara seleksiDuta Museum Penerangan. Ada lima orang yang telah dipilih untuk menjadi calon Duta Museum Penerangan, yang sudah diseleksi lebih dahulu dari siswa yang berprestasi di SMAN 39 Jakarta Timur. Kelima peserta tersebut harus tampil kedepan untuk mempresentasikan tentang Museum Penerangan sesuai pengetahuan peserta, serta juga menggunakan bahasa dan artikulasi suara yang baik. Masing-masing peserta diberikan waktu kurang lebih tiga hingga lima menit untuk menjelaskan apa itu Museum Penerangan didepan siswa SMAN 39 Jakarta Timur, dewan guru yang mengikuti acara Sosialisasi MGTS, Kepala Museum Penerangan, Kepala Sekolah SMAN 39 Jakarta Timur dan para staff dari Museum Penerangan.

Kelima peserta sudah tampil dengan cara mereka sendiri untuk menjelaskan tentang Museum Penerangan. Dan kemudian tibalah penilaian oleh dewan juri untuk menentukan siapa yang pantas untuk diangkat menjadi Duta Museum Penerangan dan otomatis akan mewakili SMAN39 Jakarta Timur sebagai Duta Museum Penerangan. Setelah melakukan diskusi, para dewan juri menjatuhkan atau memilih satu dari kelima peserta untuk menjadi Duta Museum Penerangan. Tim Museum Penerangan menyampaikan bahwa peserta yang berhak menjadi Duta Museum Penerangan jatuh kepada Hana Raihana.

Penyerahan tas Duta yang dilakukan oleh Kepala Museum Penerangan

kepada Duta Museum Penerangan

Hana Raihana terpilih untuk Menjadi Duta Museum Penerangan dan sekaligus mewakili SMAN 39 Jakarta Timur untuk menjadi duta Museum Penerangan. Pada bulan Mei di panggil ke Museum Penerangan untuk bertemu dengan duta dari seluruh indonesia dan akan dikukuhkan untuk menjadi Duta Museum Penerangan secara resmi. Selamat untuk Hana Raihana  yang terpilih menjadi duta Museum Penerangan.(NIK)