Home Berita Gebyar Pesona Museum Nusantara 2017

Mon,22Jan2018

Gebyar Pesona Museum Nusantara 2017

Jakarta, 01/11/2017. 10:14 WIB

Hari Museum Indonesia jatuh di Bulan Oktober. Berbagai acara seru pun digelar untuk meramaikannya. Salah satunya adalah Asosiasi Museum Kawasan TMII (AMIKA TMII) yang menggelar acara Gebyar Pesona Museum Nusantara (GPMN).

Acara serupa juga telah digelar setiap tahunnya. Ini adalah GPMN yang ketiga, yang dilaksanakan pada 27 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2017. Tema yang diambil adalah Satu Cinta Untuk Museum.

GPMN dikemas berbeda, karena kali ini hanya ada acara Jelajah Museum, Fun Walk dan Workshop Permuseuman saja yang disuguhkan untuk masyarakat. Walau hanya tiga kegiatan akan tetapi ketiga kegiatan tersebut dikemas dengan lebih apik dan kekinian. Salah satunya adalah Jelajah Museum yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober mendatang yang akan didukung dengan aplikasi khusus di gawai android peserta.

GPNM dimulai dengan Fun Walk (27/10) di Museum Olahraga Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk pemanasan sebelum dilaksanakan Fun Walk maka panitia mengadakan senam pagi yang dilaksanakan tepat  pukul 06:30 WIB. Fun Walk kali ini dihadiri oleh perwakilan dari museum dan anjungan yang ada di TMII serta beberapa komunitas. Setelah senam pagi selesai, maka Fun Walk pun dimulai dengan mengitari Archipelago TMII dan berakhir di Museum Olahraga. Kegiatan Fun Walk ditutup dengan pembagian door prize untuk peserta.

Jumat siang (27/10), GPNM dilanjutkan dengan pembukaan resmi GPNM dan launcing buku Museum TMII di Museum Transportasi. Pembukaan tersebut dihadiri oleh Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc, selaku Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. AJ Bambang Soetanto selaku Direktur Utama TMII, Drs. Sigit Gunarjo S, MM selaku Ketua AMIKA TMII, perwakilan museum dan anjungan serta perwakilan beberapa mahasiswa dari universitas antara lain Universitas Indraprasta (Unindra) dan Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka).

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa dan dilanjutkan dengan tarian persembahan dari anjungan Sumatera Barat. Setelah itu dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang dilaporkan oleh Ketua Amika Drs. Sigit Gunarjo S, MM.

Ia menjelaskan bahwa GPNM ketiga kali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober lalu. Tema Satu Cinta untuk Museum ini dimaksudkan agar masyarakat semakin mengenal dan dekat dengan Museum. Kami berharap masyarakat akan semakin berkontribusi dengan museum. Selain itu, tumpeng-tumpeng yang bisa anda lihat di depan adalah sebagai wujud kebersamaan museum dan anjungan di TMII”, ujar Sigit.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari oleh Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc selaku Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, sekaligus launching buku Museum di TMII. Pamuji mengatakan bahwa kami sangat apresiasi dengan TMII karena berhasil mengelola 17 museum, oleh karena itu kami berinisiatif memberikan sarana promosi berupa buku supaya museum di TMII semakin berkembang.

Setelah launching buku selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. AJ Bambang Soetanto selaku Direktur Utama TMII. Bambang menunjukan kebanggaannya karena GPMN sudah tiga kali dilaksanakan dengan meriah dan menyenangkan buat masyarakat. Pemotongan tumpeng menjadi acara selanjutnya sekaligus sebagai simbol pembukaan secara resmi GPMN 2017 kali ini.

Lalu acara dilanjutkan dengan ramah  tamah dan ulas singkat buku Museum TMII dengan pembicara Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc dan Drs. Sigit Gunarjo S, MM, Ir Adang Suryana sebagai moderator. Acara ini ditutup dengan foto bersama. (FL)