Home Berita Kominfo Luncurkan E-money Untuk Karyawannya

Mon,22Jan2018

Kominfo Luncurkan E-money Untuk Karyawannya

Jakarta, 08/11/2017, 08:27 WIB

Gaya hidup cahsless society, atau transaksi yang lebih banyak menggunakan sistem elektronik, bukan uang cash, didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kominfo merilis uang elektronik (e-money) dengan model khusus dan dibagikan kepada beberapa karyawannya.

Hari Senin, (30/10) lalu selepas Upacara Bendera Memperingati Hari Sumpah pemuda, Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara meluncurkan secara resmi e-money khusus dari Kominfo. “Saat ini dibagikan 500 kartu untuk pegawai kominfo dengan saldo Rp 130.000,00” ujarnya.

Sumber gambar : kominfo.go.id

E-money yang diluncurkan oleh Kominfo ini, punya desain khusus yang apik. Berlatar belakang warna putih, E-money ini ini menyuguhkan gambar proyek besar yang menjadi program kerja Kominfo. Yaitu Palapa Ring. Gambar dalam E-money tersebut adalah peta Indonesia dengan warna hijau, dan penjelasan perkembangan proyek Palapa Ring di masing-masing daerah. Tak lupa, gambar Gadjah Mada, yang menyerukan “Sumpah Palapa” pun dipajang, agar semangatnya menyatukan nusantara, dalam proyek ini melalui teknologi telekomunikasi dan informatika, tetap membara.

Rudiantara menjelaskan, langkah ini juga merupakan bentuk dukungan Kominfo kepada kementerian lain. Penerapan pembayaran uang eletronik di jalan tol merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Kita sesama lembaga harus menghilangkan rasa egois dan mendukung,” katanya.

Sumber gambar : kominfo.go.id

Sumber gambar : kominfo.go.id

Uang elektronik tersebut bisa dipakai untuk berbagai transaksi elektronik, seperti pembayaran biaya tol, Bus Transjakarta, KRL, parkir, juga berbagi transaksi elektronik lainnya sesuai kebijakan Bank Mandiri. Kabar terbaru, mulai akhir oktober, seluruh gerbnag tol di Indonesia tidak melayani transaksi tunai lagi, sehingga kepemilikan e-money seperti ini menjadi penting karena dibutuhkan. Sejauh ini, penerapan kebijakan gerbang tol hanya melayani transaksi elektronik ini sudah berlangsung hingga 95 persen.

Dengan kebijakan transaksi elektronik di tol, beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah :

1.      tidak perlu antri panjang

2.      tidak perlu membawa uang tunai berlebihan.

3.      proses pembayaran lebih cepat dan efisien

4.      tidak perlu kembalian.

Harapannya dengan adanya peluncuran ini, kemkominfo berharap untuk seluruh pegawai kominfo bisa mendukung gaya hidup cahsless society di berbagai bidang. (dey)