Home Berita Jelajah Museum, Primadona GPMN 2017

Mon,22Jan2018

Jelajah Museum, Primadona GPMN 2017

Jakarta, 11/11/2017, 10:57 WIB

Untuk meramaikan Hari Museum Indonesia, berbagai kegiatan pun dikemas dalam gelaran acara Gebyar Pesona Museum Nusantara (GPMN). Kegiatan yang menjadi primadona di tahun ini adalah diselenggarakannya Jelajah Museum TMII (jelmus). Lebih istimewa lagi, kali ini tidak hanya mengikutsertakan museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saja, tetapi juga melibatkan anjungan propinsi daerah yang ada di TMII (29/10).

Dengan berbasis aplikasi di smartphone android, Jelmus 2017 ini dapat menggaet 173 tim untuk mengikuti acara tersebut.Ketika peserta datang di lokasi, langsung melakukan registrasi ulang dengan cara memindai barcode yang ada di masing-masing gawainya.

Jelmus dibuka oleh laporan Ketua PelaksanaKegiatan, BapakUnggul Yudianto tepat pukul 08:00 WIB di selasar utama Sasono Langen Budoyo. Beliau mengatakan Jelajah Museum kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena sekarang menggunakan aplikasi dan bebas menentukan strategi apa yang mau peserta pakai.

Setelah laporan dari Ketua Pelaksana, pembukaan jelmus dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Asosiasi Museum Indonesia Kawasan(AMIKATMII) Sigit Gunarjo sekaligus sebagai simbol jelmus telah dimulai. Sigit memberikan semangat bagi peserta untuk memanfaatkanjelmus kali ini untuk lebih mengenalbudaya dan pengetahuan dari  museum dan anjungan propinsi di TMII.

Tepat pukul 08:30 WIB, jelmus resmi dimulai. Selain memperebutkan juara jelmus, peserta juga diberi kesempatan untuk bersaing mendapatkan juara favorit versi admin instagram dan juara wefie terbaik. Peserta di berikan waktu sampai pukul 14:00 untuk memburu skor sebanyak-banyaknya.

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mencari skor sebanyak-banyaknya. Aplikasi ini juga bersifat terbuka karena peserta lain bebas mengecek skor lawannya. Serunya lagi, peserta ada yang diwajibkanmemindaibarcode koleksi untuk memunculkan jawaban yang ada di aplikasi tersebut.

Setelah acara penjelajahan selesai, peserta dikumpulkan di Candi Bentar, Museum Indonesia. Untuk menghibur peserta, panitia menyuguhkan live music dan doorprize yang nomornya sudah diberikan kepada peserta di awal acara. Selain puluhan doorprize, ada juga grandprize dua buah sepeda yang dinanti-natikan oleh para peserta.

Puncak acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, Ibu Masia Situmorang,selaku ketua juri Jelajah Museum mengumumkan pemenang-pemenangnya, yaitu :

·         Juara 1                         : Tim Ngequickiker

·         Juara 2                         : Tim FF Club

·         Juara 3                         : Amazing Racer

·         Juara Harapan 1          : Genoa

·         Juara Harapan 2          : Rama2

·         Juara Harapan 3          : Karunya Pisan

·         Wefie Terbaik             : Odoper, Burung Beo 232 Jaya dan Pandu

·         Kostum                      

-          Terunik                  : Generasi Mecin 222 Now

-          Terseru                  : Black Pink

-          Teratraktif             : KPBMI

·         Terfavorit Versi admin            : Bulan

Selamat untuk para pemenang Jelajah Museum 2017, semoga acara ini bisa membuat kalian lebih mengenal museum dan anjungan di TMII! Salam Museum, Museum di Hatiku! (FL)