Home Profil Museum Kata Sambutan

Sat,18Nov2017

Kata Sambutan

Bpk.Lukman Hakim (Kepala Museum Penerangan)

‚ÄčSelamat datang, di situs Museum Penerangan yang merupakan media komunikasi on line pendukung layanan informasi Muspen kepada masyarakat. Melalui situs Muspen tersedia aneka informasi, antara lain mengenai Profil Muspen, koleksi-koleksi Muspen yang dipamerkan, kegiatan – kegiatan Muspen, dan informasi lainnya.

Museum Penerangan diresmikan oleh Presiden kedua Republik Indonesia yaitu Bapak H.M. Soeharto, pada tanggal 20 April 1993. Sebelumnya, pada tahun 1991 Museum Penerangan sudah ditinjau oleh Ibu Tien Soeharto sebagai penggagas dibangunnya Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Penerangan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, memamerkan benda - benda koleksi Museum Penerangan sejumlah 426, meliputi benda – benda bernilai sejarah informasi dan komunikasi, yang terukir dalam sejarah perjuangan bangsa menggambarkan kiprah penerangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, serta mengisi kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam pembangunan.

Apabila kita menyimak perkembangan dunia permuseuman, baik di Indonesia maupun di dunia begitu pesatnya, terjadi perubahan paradigma. Oleh sebab itu, museum tidak lagi ingin disebut sebagai gudang tempat menyimpan barang – barang antik, seperti anggapan masyarakat pada umumnya, tetapi museum harus berusaha untuk menjadi tempat dimana pengunjung dapat merasakan suatu suasana dan pengalaman yang berbeda, yang hanya akan mereka dapatkan jika mereka berkunjung ke museum. Perubahan ini, yang membuat peran museum berkembang menjadi tempat preservasi, penelitian dan komunikasi, yang tujuannya untuk menyampaikan misi edukasi sekaligus rekreasi kepada masyarakat. Memperhatikan kondisi yang ada, maka Museum Penerangan perlu mengembangkan konsep New Museum Penerangan yang menekankan pada tujuan dan prinsip dasar museum yang harus relevan dan berorientasi pada masyarakat.

Disamping itu juga, agar Museum Penerangan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dapat menghasilkan keluaran yang baik dan lebih besar, maka dalam operasionalnya ditunjang oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (website muspen). Harapan kami, melalui situs muspen yang merupakan jendela informasi publik, dapat meningkatkan eksistensi muspen, dengan bersosialisasinya muspen dan muspen tersosialisasi, ikut mendukung terwujudnya masyarakat informasi.

Untuk kesempurnaan layanan informasi melalui situs http://muspen.kominfo.go.id, kami mengucapkan terima kasih apabila pengunjung situs muspen berkenan memberikan saran atau kritik.

Jakarta, Juli 2013