Home Rekreasi TMII Anjungan TMII Sumatera Barat

Sat,18Nov2017

Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat melalui anjungannya di TMII menampilkan lima bangunan adat secara lengkap: Rumah Gadang, Balairung, Rangkiang dan Surau, keempatnya merupakan rumah adat Minangkabau; serta rumah adat Mentawai.

Selain itu, terdapat bangunan pendukung, yakni rumah untuk kantor, kantin, dan panggung, pertunjukkan (medanan bapeneh) tempat menggelar berbagai seni daerah pada hari Minggu dan hari libur.

Rumah gadang di anjungan ini difungsikan sebagai ruang peragaan dan pameran. Benda-benda yang dipamerkan berupa pelaminan, alat pertanian, alat musik tradisional, pakaian adat tiap kabupaten yang disajikan dengan peraga manekin. Kolong rumah digunakan untuk penjualan berbagai cinderamata hasil kerajinan tangan. Semua bangunan adat memiliki hiasan aneka ragam ukir: ukiran datar, pahat, tembus, dan ukiran bakar; kebayakan motif tumbuhan, bunga, dan satwa dengan warna dominan merah, kuning, hitam, dan biru.

Anjungan Sumatera Barat memiliki sanggar tari untuk memnerikan pendidikan dan pelatihan terutama tari dan musik tambur. Pada hari-hari tertentu disajikan upacara adat, juga seni drama randai yang tersohor itu. Di sini tersedia juga kantin nasi padang yang menyajikan menu istimewa khas Sumatera Barat yang semuanya lezat dan mengundang selera.