Standar Layanan

No Komponen Uraian
1 Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  2. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 05/PER/M.KOMINFO/03/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja di Museum Penerangan;
  3. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;
  5. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12/PER/M.KOMINFO/07/2010 tentang Penyusunan Pedoman Standar Operasional di Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  6. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 555 Tahun 2013 tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika
2 Persyaratan Pelayanan Terbuka untuk umum baik perorangan maupun kelompok
3 Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 05/PER/M.KOMINFO/03/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja di Museum Penerangan; dan SOP Museum Penerangan tentang SOP Pelayanan Kunjungan
4 Jangka Waktu Saat pengunjung tiba/menginformasikan jadwal kunjungan
5 Biaya Tarif Rp. 0,- (Gratis)
6 Produk Pelayanan Pelayanan Kunjungan/Pameran/Edukasi/Program Publik
  • Pemanduan
  • Bahan cetak
  • Informasi
  • Perpustakaan
Pelayanan Pengaduan
  • Tanggapan/Respon
Pelayanan Pengelolaan Website/Medsos
  • Informasi
  • Tanggapan/Respon
Pelayanan Penyediaan Fasilitas untuk Masyarakat
  • Penggunaan Panggung
  • Penggunaan Mini Teater
7 Sarana, Prasarana dan/atau Fasilitas Pelayanan Kunjungan/Pameran/Edukasi/Program Publik
  • Sarana Disabilitas
  • Raung Penyimpanan Barang
  • CCTV
  • Koleksi
  • Ruang Pameran
  • Ruang Mini Teaher
  • Toilet
  • Buku Panduan Museum Penerangan
  • Materi Edukasi
  • Mikrofon
  • Pengeras Suara
  • Lembar Kerja Siswa
  • AC
  • Leaflet
  • Souvenir
  • Layar Televisi
  • Telepon Pintar
  • Kamera Video
  • Kamera Foto
  • Akses Internet
  • Buku Perpustakaan
8 Kompetensi Pelaksana Pelayanan Kunjungan/Pameran/Edukasi/Program Publik
  • D3/S1 Komunikasi tersertifikasi
  • JF Pranata Humas tersertifikasi
  • S1 Perpustakaan
Pelayanan Pengaduan
  • D3/S1 Semua Jurusan
Pelayanan Pengelolaan Website/Medsos
  • D3/S1 Semua Jurusan
Pelayanan Penyediaan Fasilitas untuk Masyarakat
  • D3/S1 Semua Jurusan
9 Pengawasan Internal Kepala Museum dan Kepala Seksi (Atasan Langsung)
10 Penanganan pengaduan, saran, dan masukan Dapat disampaikan melalui lembar survey manual, website, juga medsos Museum Penerangan
11 Jumlah Pelaksana 9 orang
12 Jaminan Pelayanan Tata tertib: diatur dengan SOP yang berlaku
Slogan: Museum Penerangan, Museum di Hatiku
Kode Etik: Etika Pegawai Negeri Sipil
13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan dalam Pelayanan SOP Keamanan Museum
SOP Pengamanan Gedung dalam Bencana
14 Evaluasi Kerja Pelaksanaan Rapat Evaluasi Bulanan, Triwulanan, Tahunan berdasarkan Penetapan Kinerja (PK) Museum Penerangan


Maklumat Pelayanan


Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menempati janji ini, kami akan menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.