Ramai-Ramai Rayakan Hari Museum Indonesia 2024

blog-details
blog-details blog-details

Ramai-Ramai Rayakan Hari Museum Indonesia 2024

Yuk, bikin bulan Oktober kamu makin meriah dengan merayakan Hari Museum Indonesia! Puncak perayaan Harmusindo tahun 2024 ini akan diadakan di Kota Malang, Jawa Timur, dengan mengangkat tema “Museum Untuk Indonesia”.

Museum Penerangan sendiri ikut dalam selebrasi ini, dengan hadir dalam acara Pameran Bersama yang digelar di RCE KPPN Malang, salah satu bangunan cagar budaya milik Kementerian Keuangan yang dibangun tahun 1937, selesai direnovasi tahun 2002, dan kini menjadi icon block office pertama di Jawa Timur. Pameran ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Oktober, pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagi warga Malang dan sekitarnya, atau Muspeners yang sedang berkunjung ke Malang, please mampiro yo! 

Selain pameran, ada banyak aktivasi menarik lainnya, seperti workshop permuseuman, seminar nasional, city tour, farm trip, dan lain sebagainya.

Selain di Kota Malang, TMII (Taman Mini Indonesia Indah) juga ikut menggelar acara perayaan Hari Museum Indonesia agar semakin meriah. Tahun ini tema yang diambil adalah “Museum Sebagai Jendela Edukasi”. Makna dari tema ini adalah: Sebagai sarana edukasi, museum memiliki peran penting dalam menyalurkan informasi dan ilmu pengetahuan melalui pameran maupun aktivasi rekreasi yang dapat membawa udara segar dalam bidang pendidikan dan pariwisata. Gelaran acaranya akan dipusatkan dalam satu hari saja, yaitu Hari Sabtu, tanggal 12 Oktober 2024.

Museum-museum yang lokasinya berada di TMII akan menggelar pameran "Tebar Pesona" di pedestrian Plaza Kori Agung, dari pukul 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. Museum Penerangan juga hadir pastinya di acara ini. Kalau kalian mampir, sapa kami ya!

Selain pameran, TMII juga menggelar acara seru lainnya, yaitu talkshow interactive yang dilangsungkan di Bale Panjang Museum Indonesia, dengan tema “Museum sebagai Pusat Edutainment, Pelestarian Budaya, dan Teknologi”.

Dalam momen kali ini, TMII juga akan meluncurkan Paspor Museum TMII. Ini merupakan paspor yang digunakan oleh pengunjung untuk menjelajahi museum. Nantinya pengunjung yang memegang paspor ini dapat datang ke museum-museum di TMII kemudian mendapatkan cap stempel dari museum yang sudah dikunjungi. Jika stempelnya penuh, bisa ditukar dengan hadiah!

Terakhir, sebagai wujud rasa syukur, TMII juga menggelar selametan, dengan menggelar acara tumpengan. Masing-masing museum akan membawa tumpengnya ke Plaza Kori dan nantinya dinikmati bersama-sama.

Wah, seru-seru banget ya agenda perayaan Hari Museum Indonesia tahun ini! Jadi, siap untuk datang ke pameran Museum Penerangan di Malang atau ke TMII?

3 Comments:

  1. user Rory Rodriguez

    Aku pengen dateng ke pameran di Malang kak!

    user Sisca

    Aaaah seru banget Hari Museum Indonesia tahun iniiii! Siap ikutan semua kegiatan yaaaa.. hehe paling gak yang digelar Muspen duluuu. Tunggu akuuu Muspen!

    user Ahmad Khairudin

    Pengeeen ke museum penerangan, pengeeen paspornya. Pengan ajak jalan-jalan keluarga keliling museum

Leave A Reply