Ayo Beraksi! 2.0 di Banyuwangi, Jawa Timur

blog-details
blog-details

Ayo Beraksi! 2.0 di Banyuwangi, Jawa Timur

Ayo Beraksi! 2.0 di Banyuwangi, Jawa Timur

 

Setelah sukses menyelenggarakan program publik Ayo Beraksi! di Bandung tahun 2022, Museum Penerangan kembali menghadirkan kembali program tersebut di Banyuwangi pada 22-23 Agustus 2023. Ayo Beraksi! adalah kepanjangan dari “Ayo Berpetualang dan Belajar Komunikasi” yaitu sebuah program publik yang dikemas secara menarik untuk masyarakat belajar sejarah dan juga belajar tentang dunia komunikasi.

Ayo Beraksi! pertama berkolaborasi dengan Museum Geologi dan Museum Pos sebagai narasumber untuk memberikan materi dengan tema “Komunikasi Masa Pra Sejarah” dan juga “Berkomunikasi Dengan Surat”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Anak Nasional 2022 di Museum Geologi, Bandung. Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan Museum Penerangan kepada peserta yang berasal dari Rumah Belajar Bintang, serta menyajikan workshop menulis surat yang kemudian dikirim ke alamat rumah masing-masing dengan menempelkan prangko custom bergambar gedung Museum Penerangan. Dengan begitu seluruh peserta mendapatkan pengalaman berkomunikasi melalui surat yang dahulu kala sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia sebelum adanya teknologi handphone.

Pada tahun 2023 ini, Museum Penerangan bersama Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi dan SMA Negeri 1 Giri, Banyuwangi, Jawa Timur, menghadirkan Ayo Beraksi! 2.0 dengan dua rangkaian acara yaitu Muspen Goes To School (MGTS) dan Muspen Talk.

Muspen Goes To School (MGTS) adalah program publik dari Museum Penerangan yang hadir ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi seputar sejarah dan dunia komunikasi. Sasaran peserta dari MGTS ini adalah murid dan guru. MGTS pada rangkaian Ayo Beraksi! 2.0 ini diselenggarakan secara hybrid dengan tema “Generasi Emas: Cinta Sejarah dan Melek Literasi Digital” di SMK Negeri 1 Giri, Banyuwangi, dan juga turut mengundang sekolah-sekolah se-Kab. Banyuwangi serta Cabang Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi pada 22 Agustus 2023.

Hari selanjutnya, Museum Penerangan bersama dengan Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi menyelenggarakan Muspen Talk dengan tema “Digital Literacy and Creativity” di gedung Aula Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan ini ditujukkan bagi tenaga didik di sekolah-sekolah Kab. Banyuwangi.

Kedua rangkaian di atas bertujuan untuk kembali mengingatkan masyarakat pentingnya belajar sejarah terutama sejarah bangsa kita sendiri, serta mengkampanyekan pembangunan literasi digital yang baik di sekolah. Dalam hal tersebut, Museum Penerangan menghadirkan narasumber Asep Kambali dari Komunitas Historia Indonesia untuk membahas dari sisi sejarah, dan Mira Sahid dari Siberkreasi yang memberikan pengetahuan baru tentang literasi digital dan juga teknik penulisan bagi tenaga didik.

Antuasiasme peserta sangat luar biasa dalam mengikuti kegiatan ini, pada kegiatan MGTS di Aula SMA Negeri 1 Giri terdapat sekitar 300 siswa-siswi yang memenuhi ruang aula dan 60 akun perwakilan dari sekolah-sekolah tingkat SMA dan SMK yang menonton bersama di sekolahnya masing-masing melalui aplikasi zoom. Sedangkan untuk kegiatan Muspen Talk di Dinas Pendidikan Kab. Banyuwangi diselenggarakan secara offline dengan jumlah 146 peserta.

Setelah Kab. Banyuwangi, kira-kira Muspen harus ke daerah mana lagi ya? Silahkan kirimkan profil sekolahmu kalau ingin Epen dan Tim dari Museum Penerangan datang ke sekolah kalian dan menggelar event-event keren! Sampai jumpa di Ayo Beraksi! selanjutnya:D

5 Comments:

  1. user wXFPhVRT

    1

    user wXFPhVRT

    1

    user wXFPhVRT

    1

    user wXFPhVRT

    1

    user wXFPhVRT

    1

Leave A Reply