Refleksi 2024: Pencapaian dan Langkah Museum Penerangan Menuju 2025
Museum Penerangan merupakan sarana rekreasi dan edukasi yang menyimpan, merawat dan melestarikan benda-benda berkaitan dengan sejarah layanan informasi dan komunikasi. Selama 31 tahun Museum Penerangan terus berupaya untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengunjung. Di tahun 2024 ini, Museum Penerangan berhasil mencatatkan pencapaian yang memuaskan dalam hal jumlah pengunjung yang telah mendapatkan pelayanan informasi dari Museum Penerangan.
Pada tahun 2024, Museum Penerangan telah melayani lebih dari 190.000 pengunjung baik secara online maupun offline. Hasil tersebut tentunya diperoleh dari berbagai upaya dan program yang dilakukan oleh Museum Penerangan, mulai dari Layanan Kunjungan Onsite, Virtual Experience, Muspen Talk, Muspen Goes to School, Pameran Kolaborasi, hingga program publik lainnya. Pelayanan informasi Museum Penerangan telah tersebar diberbagai daerah, mulai dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, bahkan hingga Makasar.
Tercatat 251 sekolah telah berkunjung secara onsite dan 997 sekolah telah mengikuti kegiatan Virtual Experience Museum Penerangan hasil dari kerjasama bersama Dinas Pendidikan setempat. Dari berbagai program tersebut didapatkan data rata-rata setiap bulannya Museum Penerangan melayani lebih dari 4.000 pengunjung offline dan lebih dari 10.000 pengunjung online. Tentunya hal ini bisa diperoleh atas kerjasama yang luar biasa bersama berbagai instansi pendidikan maupun lembaga permuseuman lainnya.
Berbagai tantangan telah kami hadapi sepanjang tahun ini, kami terus berupaya mengatasinya dengan solusi yang tepat, demi terus meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengunjung. Sarana prasarana dan sumber daya manusia tentunya jadi dua buah komponen utama dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung. Pada tahun ini pemenuhan fasilitas telah diupayakan oleh Museum Penerangan, salah satunya dengan pembaharuan area lobby untuk peningkatan aksesibilitas dan optimalisasi ruang.
Harapannya, di tahun 2025 Museum Penerangan terus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan. Hal tersebut terus diupayakan melalui peningkatan kompetensi petugas, pembaharuan fasilitas dan sarana penunjang, peningkatan kualitas konten virtual, maupun program menarik sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan prima dari Museum Penerangan. Program-program yang dilakukan oleh Museum Penerangan di tahun 2025 nanti harapannya dapat memberikan dampak besar bagi pelajar, akademisi, maupun masyarakat umum lainnya.
Museum Penerangan mengucapkan terima kasih atas dukungan Muspeners sepanjang tahun 2024. Mari bersama-sama mewujudkan pencapaian yang lebih besar di tahun 2025! Kunjungi Museum Penerangan dan temukan pengalaman baru yang menarik!
0 Comments:
Leave A Reply